Notification texts go here. Contact Us Buy Now!

cerita kejamnya santet

cerita kejamnya santet



Diangkat dari  Cerita  kisah nyata dari seorang anak yang ditinggal ibunya sejak umur 7 tahun  disebuah Desa. Nama Desa tersebut yaitu Tampang Tua Tanggamus  RT 001/RW 001. Awal mula saya mengangkat cerita ini sedang iseng – iseng mewawancarai salah satu anak yang mendapatkan beasiswa sekolah di kota bogor, asal anak ini dari lampung barat. Dia cerita mengenai satu keluarganya yaitu ibunya yang sudah lama meninggalkan dia sejak umur 7 tahun karena ada penyebab ibunya meninggal secara tidak logis. Bisa disebut dengan teluh dan santet., didesa tersebut masih kental dengan hal-hal  mistis. Mengapa saya angkat cerita ini? menurut saya ini bisa diangkat menjadi sebuah cerita atau film pendek horor yang sangat menarik. Nah anak ini sekarang sudah berumur 16 tahun tinggal bersama ayah dan adik satu-satunya. Untuk nama korban ibu, ayah, adik dan kakaknya harus disamarkan karena frivasi tidak bisa disebutkan. Kata anak itu untuk menghormati Alm. Anaknya yaitu bisa disebut nama  S, Alm ibunya bisa disebut  Z, ayahnya bisa disebut S, Adiknya bisa disebut S disinilah awal cerita tersebut :   
Disebuah Desa yang asri sejuk dan nyaman tinggalah seorang gadis yang sangat cantik bisa disebut kembang desa. Sehingga gadis ini banyak yang ingin memilikinya sampai  banyak pemuda yang ingin menikahi gadis tersebut, tetapi gadis itu  menolaknya. Gadis ini bisa disebut si Z. Pada suatu hari tepatnya pada malam hari di Desa tersebut ada kegiatan hajatan besar-besaran. Para pemuda pemudi diundang dalam kegiatan tersebut. Nah kegiatan ini dinamakan dengan adat lampung yaitu  nyambay atau bisa dikenal dengan pemuda-pemudi. Gadis tersebut juga ikut dalam kegiatan tersebut. Kegiatan pun berlangsung dimalam hari itu sangat ramai di dukung oleh musik musik organ lampung. Kegiatan pun semangkin malam semangkin seru, nah disaat kegiatan berlangsung ada salah satu pemuda bisa disebut namanya M, dia menatap si gadis tersebut dengan lirikan tajam seakan-akan ingin mengatakan kepada gadis yang bisa dipanggil Z, bahwa pemuda tersebut menyukainya. Tetapi  si M ini malu untuk mengatakanya.  Dengan tatapan yang tajam, si Z  ini merasa  terganggu bahwa dia selalu diperhatikan oleh penmuda ini. Nah selesai acara tersebut si Z ini  Pulang bersama teman-temanya menuju rumah masinng masing. Nah dipenghujung jalan si M ini diam-diam mengikuti si Z, untuk mengatakan kepada si Z bahwa dia suka. Sesampai di rumah si M ini langsung memanggil si Z disitulah percakapan berlangsung.


Percakapan antara si M dan si Z

 

M  : “ Tunggu sebentar Z, aku mau mengatakan sesuatu kekamu. ( Sambil memnggil si Z dengan 

          tergesa-gesa)

Z   : “ Iya,  ( sambil badanya berbalik, menghadap dan menatap si M, sambil rasa ketakutan, sambil           

         Mengatakan, “ Kenapa kamu mengikuti saya)

M : “ Maaf aku diam-diam mengikuti kamu, aku ingin mengatakan sesuatu. Sambil memegang

          Tangan si Z  dan menatapnya.

Z  : “ Lepaskan, kita kan bukan mukrim. Kamu mau mengatakan apa, (sambil melepas tanganya

        dan Ketakutan)

M : “ Aku ingin mengatakan bahwa aku suka sama kamu, dari awal acara tadi malam. Kamu tuh

         Cantik, manis, menggoda. (Sambil melet-melet lidahnya dan tatapan matanya  

         menyeramkan)

Z  : “ Maaf aku belum bisa menerima kamu, untuk saat ini. Aku ingin sendiri dulu maksih.

       (Kemudian Z langsung lari menuju pintu rumah dan masuk, kemudian mengunci pintu

        Tersebut)

M : “ Aku akan berusaha untuk dapetin kamu bagaimana pun, ( sambil teriak. Kemudian pulang)

 

Mengapa Z menolak berpacaran dengan si M karena si Z sudah menyukai pemuda yang selama ini bersamanya bisa disebut si S pemuda tampan dan baik hati. Yang bertetanggan sejak kecil, dia menyukai pemuda itu tetapi malu untuk mengungkapkanya, dan dia tau bahwa si M ini pemuda yang nakal atau bisa disebut playboy. Mangkanya dia menolak Cinta dari si M. Disuatu hari si S Mengajak bermain kerumah si Z. disnilah mulai percakapan antara si Z dan S berlangsung :

 

S : “ Aslammualaikum de, sambil mengetuk pintu 2 kali  ke 3 kalinya dibuka oleh Z

Z : “ Iya tunggu sebentar, kemudian dibukakan pintunya, eh bang S. ada apa ya bang?

S : “ Ngak,  pingin maen aja de.

Z : “ Masuk bang kedalam, mau minum apa bang? Kopi mau?

S : “ Iya kopi aja de.

 

Disitulah mereka berbincang-binncang sambil menikmati secangkir kopi hangat dan ubi rebus di pagi hari. Kemudian S mengajak Z untuk jalan-jalan kesuatu tempat yaitu kepantai Cukuh Pandan bisa dikenal Wisata Batu Kebo yang ada di bandar lampung.


S : “ De ? jalan jalan yuk bete nih dirumah terus, kemana ke jalan-jalan.

Z : “ ya bang, kemana ya yang enak jalan jalanya ? sambil mikir,

S : “ Kepantai aja yuk de kayanya adem dipantai sambil menikmati pemadangan pantai nih.

Z : “ Hayu bang enak nih, kyanya dipantai.

 

Mereka pun pergi kepantai, sesudah sampai pentai si S ini mau mengatakan sesuatu kepada si Z bahwa selama ini si S ini sudah lama menyukai si Z. nah dia ingin mencurahkan hati yang selama ini dia Pendam. Nah ini kesempatan dia untuk mencurahkan hati yang selama dia pendam. Disniliah berlangsung percakapannya :

S : “ De, abang mau tanya sama kamu?

Z : “iya bang mau tanya apa Sama ade ?

S : “ Sebenarnya kamu suka ngak, sama

        laki-laki itu)

Z : “ laki-laki mana bang ? ( sambil bingung)

S : “ Itu yang nembak kamu pas malam malam,

Z : “ Kok kamu tau ? waktu aku ditembak ama dia dari mana kamu tau?

S : “ Jelas tau, kan aku juga ngikutin kamu dari belakang, aku takut kamu diapa-apain sama si

        Sibajingan itu.

Z : “ Ouh ya bang, makasih ya bang udah jaga aku dan perhatiin aku.

S : “ Ya de sama-sama sesama manusia harus tolong menolongkan.

Z : “ Ya bang ( sambil tersenyum)”

S : “ Kamu belum jawab pertanyaan tadi de?

Z : “ Ouh iya bang bntar aku jawab ya.

S : “ Iya De.

Z : “ Sebenarnya saya tidak Suka Sama laki Laki itu, karena dia sangat nakal, suka mainim cewe.

S : “ oh Jadi gitu ceritanya de

Z :  “ iya bang, Saya ngak suka dengan

         Laki-laki  itu.

S : “ abang mau bertanya sama adek, kenapa hari-hari ini tingkah

        laku adek berbeda dari sebelumnya kamu sekarang pendiam

Z : “ Iya bang aku lagi memikirkan sesuatu,

S : “ Kamu lagi memikirkan apa? Coba sini cerita sama abang de.

Z : “ Aku lagi memikirkan kejadian pas malam bang, waktu aku tolak cinta dia, soalnya dia akan

        Melakukan apa saja untuk mendapatkan ade, aku takut bang.

S : “ Jangan takut kan ada abang disni de, abang selalu jaga ade sampai kapan pun. ( sambil

        Memeluk Z )

Z : “ Makasih ya bang sudah jagain ade sampai saat ini.

S : “ Sama – sama de, ouh iya de, aku mau mengatakan sesuatu ?

Z : “ Mau mengatakan apa bang?

S : “ Sebenarnya abang suka dengan kamu de dari dulu, tapi abang pendam taku kamu ngk suka

        ama abang. Abang ngak mau jadi teman tapi melebihin Dari teman. Kamu tau kan de

        maksudnya?

Z : “ Ya bang aku tau ko maksudnya. Sebenarnya aku juga punya perasaan seperti kamu, tapi aku

         Malu untuk mengungkapkanya bang.

S : “ Yang bener de?

Z : “ Iya bang, ( sambil tersenyum malu)

S : “ Berarti sama dong perasaan kita de? ( sambil tertawa bahagia). Mau kan kamu jadi istriku 

        de?

Z : “ Iya bang aku mau jadi istri kamu. (Sambil tersenyum bahagia).

S : “ Yaudah nanti aku siapin resepsinya buat kita nikah, aku mau minta restu dulu ke orang tua

        Mu ya de.

Z : “ Iya bang semoga kita direstuin oleh kedua orang tua kita ya bang.( tersenyum senang

         sambil Berpelukan).

 

        Hari semangkin sore merekapun pulang kerumah masing-masing untuk meminta restu kepada orang tua bahwa mereka akan melakukan pernikahan secepatnya. Dengan beriringnya waktu merekapun direstui oleh kedua orang tua mereka untuk menikah, merekapun bahagia sudah berkeluarga. Kemudian si M ini mengetahui bahwa SI Z dan si S sudah menikah, dari situlah si M merasa kesal bahwa dia tidak bisa memiliki si Z. Dari hatinya dia berkata bahwa kamu bahagia bersama dia sekarang, tetapi tuunggu pembalasan dari aku. Aku akan membalas dendam dengan kamu Z atas apa yang kamu lakukan kepada aku. Keluarga kamu tidak akan bahagia, cam kan itu ( sambil marah dan pergi ). Kemudian di malam hari, si M ini menemui dukun yang terkenal di desa itu yang rumahnya sangat jauh, bisa disebut dukun santet disuatu gubuk di tengah hutan yang sepi dan seram, hanya ada suara percikan air dan suara jangkrik. Disinilah mulai percakapan mereka :

M : “ Tok2   Mbah ( mengetuk pintu sampai 3 kali sambil  

menyebut nama mbah dengan

          beberapa   kali )

P : “ Iya nak, ( kemudian dibukakan pintunya)

M : “ Mbah saya mau mengguna-guna wanita yang sudah menyakiti saya mbah, ( sambil

         tatapanya tajam ke si mbah tersebut)

P : “ Ya nak silahkan duduk, ( kemudian duduk)

M :“ Boleh saya tau masalhnya apa? ( kemudian si M menceritakan masalah ke si mbahnya)

         Bisa kan mbah?

P : “ Bisa, disini ada 2 pilihan yaitu santet dan teluh, mau yang mana?

M : “ Santet aja mbah.

P : “ Baiklah kalau begitu, kamu bawa photo wanita itu ?

M : “ Bawa mbah (sambil memberikan sebuah photo si Z)

 

Kemudian dilakukan ritual santet yang sangat mengerikan kepada photo tersebut, seiring berjalanya waktu 2 tahun kemudian mereka mempunyai anak 2 bisa disbut S dan S, distulah terjadi beberapa kejadian secara tidak logis/ tidak masuk akal, tiba-tiba si Z ini sakit sakitan. Batuk berdarah, muntah paku, dan sering muntah darah. Si S juga bingung kenapa istrinya jatuh sakit seperti itu. Kemudian dibawa ke rumah sakit tetapi dokter mengatakan tidak ada penyakit. Nah disitu si S bingung kenapa istrinya tiba- tiba jatuh sakit seperti itu. Kemudian si S ini membawa ke pak ustad untuk diperiksa kembali. Kata pak ustad istri bapak ada yang mengguna-guna. Tidakk tau siapa pelaku guna guna tersebut. Disitu S merenung dan marah, dia mengatakan siapa yang mengguna-guna istri aku. Sambil meluapkan emosi. Beriringnya waktu Z sembuh agak mendingan dari sakitnya dipagi hari beraktifitas seperti biasa. Nah pada malam harinya penyakitnya kambuh lagi ini lebih parah,  muntah paku sambil muntah darah, kemudian muntah pecahan beling. Mengerikan bukan. Kemudian si S ini pergi kerumah ustad untuk memberi tahu pak ustad bahwa si Z ini kambuh penyakitnya. Kemudian pak ustad mengatakan saya tidak bisa menolong istri bapak karena yang bisa nolong itu yang mengguna-guna istri bapak. Distu si S pusing tidak karuan dia tiodak tau yang mengguna- guna / menyantet istrinya sambil emosi dan menangsi. Di suatu hari sembuhlah si Z bisa beraktifitas kembali seperti biasa, mengerjakan pekerhjaan rumah dibantu kedua anak laki-lakinya.

Disuatu pagi yang cerah indahnya pemandangan dipedesaan disambut dengan terbitnya matahari yang cerah. Kemudian Z mau pergi  kekali untuk mencuci pakaian, kemudian anaknya yang paling tua ingin ikut bisa disaebut si S, disinilah percakapan antara annak dan ibu berlangsung :

  Anak : “ Bu, aku ikut ya ke kali mau nemenin ibu sambil mandi sungai.
       Z  : “ Hayu boleh nak, tapi Jangan lama-lama ya, nati pualang duluan sama ade kamu ya.
  Anak : “ Baik bu nanti pulang duluan sama ade.( merekapun berangkat kesungai tersebut,
              Setiba disungai tersebut merak melakukan kegiatan mencuci pakaian. Dan anak
              Anaknya sambil berenang. Si Z  ini melihat anaknya yang kecil kedinginan, kemu-
             Dian menyuruh anak yang tua untuk pulang.)
       Z : “ Nak pulang. liat adekmu udah kedinginan tuh, pulang duluan sana ibu masih banyak
         Cucian.
Anak : “ Iya bu ( kemudian kedua anak ini pulang duluan)


Beberapa waktu kemudian setelah pulangnya anak ini, ibu mereka tidak kunjung pulang, nah disitu si S ini mengatakan kepada kedua anaknya, ibumu kemana ko belumpulang udah seharian. Nah si anak ini menjawab “ ibu tadi nyuruh kita berdua pualng duluan yah, karena masih banyak cucian. Nah si S ini kawatir terhadap istrinya yang tak kunjung pulang. Kemudian dicarinya ke sungai sudah tidak ada. Hanya tersisa baju yang dicucinya tadi tapi si istrinya tidak ada. Kemudian dia menanyakan kepada seluruh warga bahwa si Z ini menghilang usai mencuci baju tadi pagi. Kemudia seluruh warga pada mencarinya ke tempat hilangnya si Z tadi. Kemudian sianak paling tuanya itu ikut mencari juga. Nah pada saat itu anak yang paling tua mencari ibunya juga ke tempat kejadian hilangnya siibunya, tetapi nihil tidak menemukanya. Dia berpikir mungkin ibu ke kebun, aku cari dikebun sapatau ibu ada dikebun ( dia bertanya dalam hati kecilnya ) nah benar ibunya ditemukan di bawah pohon coklat dengan keadaan tidak bernyawa. Kemudian dia membangunkan ibunya ( Ibu- ibu bangun kenapa tidur disni kata anak ini, sambil menepuk badanya siibu, soalnya seorang anak kecil berumur 7 tahun tidak tau apa-apa.) kemudian dibalikanya badan  siibu tersebut sudah tidak bernyawa dan mulutnya penuh darah. Kemudian anak ini nangis kejer kejer melihat ibunya sudah bernyawa dan banyak darah. Pada saat itu sianak ini lari minta bantuan kepada warga bahwa ibunya ada di bawah pohon coklat tersebut. Kemudian di bawalah ke rumah jasadnya dan disemayamkan. Distulah tangisan keluarga Alm pecah. Begitu tega yang membunuh dan mengguna-guna si Z Tersebut Sampai meninggal. Yang menyantet/yang mengguna-guna si Z adalah si M yang menbak pada malam hari saat itu, ditolak oleh si Z disitulah terjadi dendam gara-gara cinta ditolak. Kasus ini sudah diketahui oleh warga tetapi si S tidak mau memperpanjang kasus ini sampai pengadilan. Beginilah tanggapan anaknya mengenai kasus ini dalam cerintanya : “ Saya ngak terima dia masih hidup menghirup udara segar, sampai kapanpun saya tidak akan memaafkan si bajingan ini. Sampai kapanpun saya akan cari orang ini yang menyebabkan ibu saya menderita sampai meninggal akibat guan guna yang dia lakukan. Saya akan cari alamat orang tersebut, saya akan penjaran dia kalau bisa hukum mati ) .  Kemudian cerita selesai.




 

                                                                                                                        Bogor 21 Juni 2021

                                                                                                                                   Penulis

                                                                                                                               ( Sugiyanto )

                                                                                                                                                                      


  kunjungi juga post kami

👉 Kunjungi Youtoobe    


👉 organisasi dilingkungan kami      👉 Galery Alumni akt 10     👉 firebase

👉 Penerpan iot   












Getting Info...

About the Author

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.